Rabu, 18 Mei 2011

Jarak Aman & Istilah PetugasTouring

Posting ini adalah lanjutan dari posting tentang touring, mengenai jarak aman dan susunan petugas pada saat melakukan touring.

Jarak itu Penting
Jarak Aman Touring
Sebaiknya jaga jarak aman antar kendaraan, untuk kecepatan s/d 70 kph  jarak aman adalah 3-5 meter, untuk kecepatan diatas 70 kph sebaiknya jarak antar kendaraan lebih 5 meter, sehingga bisa mengantisipasi bila motor/kendaraan didepan tiba-tiba melakukan manuver/rem mendadak. Tetap menjaga etika berlalulintas yang baik.

Untuk melakukan touring dengan jumlah rombongan banyak ada baiknya semua motor menyalakan lampu depan kendaraan. Hal ini penting supaya kendaran lain yang didepan atau dari arah berlawanan dapat dengan cepat mengetahui keberadaan motor kita.



Istilah Petugas Touring
Petugas Touring

1.Fore Rider
Kalau orang belanda bilang Vojriders … jadi betawi jadi poreder yaitu orang yang punya tugas berada paling depan dari rombongan yang berjarak paling dekat 20 meter dan paling jauh 50 meteran. Tugas fore rider adalah sebagai pembuka jalan pertama atau anggota rombongan yg pertama kali mengecek keberadaan jalan yang dilalui oleh rombongan. dan memberitahu kepada Road Captain (RC)/Leader setiap ada sesuatu yang penting bila ada alat komunikasi atau pakai kode kode tertentu.
2.Road Captain (RC)/ Leader
Dia adalah orang yg bertugas memimpin rombongan saat berjalan beriringan, bisa jadi di ibarat kan induk nya anak bebek. Semua kode kodenya wajib di lihat dan diberitahukan kepada anggota lainnya. Misal ada belokan, ada jalan rusak, sampai jalan 1 beriringan atau 2 beriringan.
3.Blocker
Blocker adalah orang yg bertugas di sisi luar barisan rombongan dan tentu saja ada beberapa blocker yg kita kenal : Blocker Kanan Depan, Blocker Kiri Depan, Blocker Kanan Belakang, Blocker Kiri Belakang, semua bekerja sesuai fungsi masing masing. Tugas blocker sangat berat butuh mental yang kuat, dan fisik prima, handling berkendara yang bagus dan bernyali gede.
4.Sweeper
Sweeper adalah petugas penutup rombongan saat sedang konvoi sehingga tidak ada yang tertinggal atau tercecer. Juga sebagai pemberi tanda apa bila ada rombongan didepan pada pengendara jalan yang lain. Posisinya selalu paling belakang. biasanya banyak mengetahui mesin (jadi kalau ada yang mogok bisa bantu betulin).
5.Anggota
Jelas ini adalah rombongan nya yg lewat jalan seperti rombongan semut yang meluncur mengikuti kode kode dari leader. anggota group wajib mengikuti kode dari leader sehingga anggota lain di belakang tidak masuk lobang atau meleng ketika ada pemandangan aduhai. bisa berakibat fatal.

Catatan : pengaturan penggunaan guard ada kriterianya melihat kondisi jalan tujuan dan jumlah rombongan.

*) Ini dari sudut pandang penulis. Monggo yang mau comment...Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar